Sabtu, 17 Juli 2010

Resonansi

Pengantar Resonansi

Pernah melihat atau menggunakan garputala ? Ada gambar garputala di samping… garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu frekuensi saja. Atau dalam istilah musik, garputala merupakan alat yang hanya menghasilkan satu nada saja. Biasanya digunakan oleh musikus untuk mencari nada atau untuk menyetel alat musik seperti senar gitar atau piano. Btw, mengapa garputala punya dua tangkai, mengapa tidak satu tangkai saja ? kalau satu tangkai nanti jadi tusuk gigi ;) he2… Jika kita menggetarkan garputala lalu mendekatkannya dengan senar gitar maka senar gitar yang mempunyai nada yang sama dengan nada garputala juga akan ikut bergetar. Mengapa senar gitar juga ikut bergetar ? omong soal gitar, mengapa harus ada badan gitar, mengapa tidak cukup senar dan gagang tempat menautkan senar saja ? Selamat belajar resonansi :mrgreen:

Layangan

Pengantar Layangan gelombang bunyi

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai interferensi gelombang bunyi. Kali ini kita berkenalan dengan salah satu jenis interferensi gelombang bunyi, yakni layangan. Bukan mainan layangan ya.. ;)

Banyak penerapan konsep layangan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam bidang musik. Penyetel alat musik, misalnya gitar atau piano, biasanya memanfaatkan layangan untuk mengetahui apakah senar sudah disetel dengan benar atau belum. (more…)

Share on Facebook

Pengantar interferensi gelombang bunyi

Dalam pembahasan mengenai prinsip superposisi dan interferensi gelombang mekanik, sudah dijelaskan bahwa ketika dua atau lebih gelombang melewati tempat yang sama, gelombang-gelombang tersebut saling berinterferensi. Kalau dirimu belum paham dengan pengertian interferensi, sebaiknya segera meluncur ke tkp untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Kali ini gurumuda ingin mengajakmu berkenalan dengan interferensiyang dialami oleh gelombang bunyi.

Gelombang bunyi harmonik

Pengantar Gelombang bunyi harmonik

Dalam pokok bahasan gelombang harmonik, gurumuda sudah menjelaskan mengenai gelombang transversal harmonik yang merambat melalui dawai (tali). Gelombang transversal harmonik pada dawai bisa terjadi jika salah satu ujung dawai digerakkan naik turun secara teratur. Yang dimaksudkan dengan teratur di sini adalah jumlah getaran yang terjadi selama suatu selang waktu tertentu selalu sama. Di samping itu, amplitudo atau simpangan maksimum dari setiap getaran juga selalu sama.

Contohnya seperti ini… (more…)

Share on Facebook

Telinga dan pendengaran

Pengantar

Seandainya manusia tidak punya telinga… dunia akan terasa sangat sepih. Bersyukurlah kalau saat ini kita punya telinga dan bisa berfungsi dengan normal. Ada orangyang dilahirkan tanpa telinga atau bahkan tidak bisa mendengar karena telinga tidak berfungsi dengan normal…

Kali ini gurumuda mengajakmu untuk berkenalan dengan telinga manusia, bagian-bagian telinga dan bagaimana cara kerja telinga manusia. Penjelasannya tidak mendetail tapi cuma gambaran kasar saja… cara kerja telinga secara lebih mendetail bisa dipelajari di jurusan teknik pertubuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar