Sabtu, 17 Juli 2010

MISTERI HUKUM ARCHIMEDES DALAM KEHIDUPAN

LATAR BELAKANG MASALAH
Kehidupan tak pernah luput dari masalah-masalah umum yang telah kita ketahui permasalahannya maupun yang belum kita ketahui seluk-beluknya. Sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran, kita dituntut untuk memecahkan berbagai masalah-masalah yang belum pernah terungkap misterinya. Seperti para penemu, ilmuwan, dan cendekiawan terdahulu, penemuan-penemuan dan gagasan-gagasan brilian mereka sebenarnya adalah hasil dari ketekunan mereka untuk memecahkan semua misteri tersebut, alhasil buah pikiran mereka tetap menjadi sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan dan ilmu pengetahuan.

Tak dapat dipungkiri, hampir setiap ilmu pengetahuan masih memiliki misteri dalam setiap materi dan teorinya. Salah satu ilmu pengetahuan tersebuat adalah SAINS atau biasa dikenal dengan sebutan ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA).
Sains merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan, dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang meliputi penyelidikan, penyusunan, dan pengujian gagasan.

Seperti ilmu-ilmu yang lainnya, sains pun memiliki beberapa cabang yang sangat penting untuk dipelajari dalam mengungkap misteri alam dalam kehidupan ini. Salah satu cabang tersebut yaitu FISIKA.

Pengetahuan fisika sebagai ilmu dan artinya dalam masyarakat merupakan inti isi pembelajaran mengembangkan sains. Maka pelajaran fisika harus dapat memberikan pengertian tentang masalah alam, teknologi, manusia, dan lingkungan.
Mengingat misteri alam diatas yang telah disinggung oleh penulis, maka pada kesempatan kali ini kami menyajikan suatu eksperimen tentang salah satu misteri alam yang pernah terungkap oleh ahli matematika dan filosofi berkebangsaan Yunani kenamaan Archimedes, yang mana penemuan tersebut terus dikenang dan dipelajari dengan sebutan HUKUM ARCHIMEDES.

Dengan metode eksperimen penulis berharap agar para pembaca mendapatkan gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya, dibandingkan dengan hanya membaca dan mendengarkan.
Dengan latar belakang tersebut penulis memilih judul makalah laboratorium fisika sebagai berikut:

“MISTERI HUKUM ARCHIMEDES DALAM KEHIDUPAN”.

B. IDENTIFIKASI MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas didapat beberapa identifikasi masalah sebagai berikut:
1. Kehidupan tidak pernah luput dari berbagai misteri alam yang belum terungkap kebenarannya.
2. Sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran kita dituntut untuk memecahkan misteri-misteri tersebut dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan sains, salah satunya adalah ilmu fisika.
3. Hukum Archimedes adalah salah satu dari sekian banyak misteri alam yang telah terungkap oleh ilmuwan-ilmuwan ternama salah satunya adalah Archimedes.
4. Metode eksperimen lebih membantu para siswa untuk memecahkan misteri-misteri alam daripada hanya membaca dan mendengarkan.

C. PEMBATASAN MASALAH
Pada eksperimen ini terdapat batasan-batasan masalah dalam hal:
1. Melakukan eksperimen untuk mengetahui kasus-kasus yang berhubungan dengan hukum Archimedes.
2. Penyediaan alat dan bahan yang berhubungan dengan penelitian Hukum Archimedes.
3. Proses pembelajaran meggunakan metode eksperimen dan analisis data.

D. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apakah benda yang melayang di dalam fluida hanya disebabkan karena gaya ke atas benda sama dengan gaya berat benda atau disebabkan karena massa jenis fluida sama dengan massa jenis benda?
2. Bagaimana cara membedakan antara benda yang mengapung karena adanya gaya apung atau gaya Archimedes dengan benda yang mengapung karena disebabkan oleh tegangan permukaan zat cair?
3. Mengapa telur mengapung di atas permukaan air garam (larutan garam) tetapi tenggelam di dalam air tawar?
4. Apakah semua telur akan tenggelam jika dicelupkan ke dalam air tawar?

E. TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari makalah penelitian ini adalah agar pembaca dan peneliti dapat:
1. Mempelajari dan memahami pengertian Hukum Archimedes.
2. Mengidentifikasi kasus-kasus yang berhubungan dengan Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
3. Membandingkan massa jenis suatu fluida cair dengan fluida cair lainnya dan mengetahui pengaruhnya bagi benda yang dicelupkan ke dalamnya.
4. Membandingkan benda yang mengapung karena disebabkan oleh gaya apung atau gaya Archimedes dengan tegangan permukaan zat cair.
5. Mengetahui manfaat-manfaat dari kasus-kasus dalam hukum Archimedes.
6. Menerapkan kasus-kasus hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.


F. MANFAAT PENELITIAN

Manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Membuat pembaca dan peneliti lebih menyadari bahwa masih banyak misteri alam yang harus dipelajari dan dipecahkan.
2. Membuat pembaca dan peneliti lebih kritis dalam menyikapi misteri-misteri alam.
3. Membuat pembaca dan peneliti lebih serius mendalami dan mempelajari hal-hal dan misteri-misteri alam yang telah dipecahkan oleh para ilmuwan terdahulu.
4. Membuat pembaca dan peneliti dapat menerapkan kasus hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar